Korea Selatan Bangun Kapal Induk Pertamanya Mulai 2021


Korea Selatan berencana membangun kapal induk mulai tahun 2021 yang memiliki kemampuan didarati sejumlah pesawat tempur buatan Amerika Serikat F-35B dan dirancang sebagai kapal pengangkut besar multiguna.

Kementerian Pertahanan Korea Selatan mengungkapkan rencana pembuatan kapal induk itu untuk pertama kali pekan ini seperti dilansir CNN, 12 Agustus 2020.

Dalam dokumen rencana nasional Korea Selatan 2021-2025 yang dibuka pekan ini, menyebut tentang rencana membangun kapal induk berbiaya miliaran dolar Amerika.

"Kapal induk seberat 30 ribu ton dapat mengangkut pasukan militer, peralatan dan material serta dapat mengoperasikan jet tempur yang mampu lepas landas dan mendarat secara vertikal," kata Kementerian Pertahanan Korea Selatan dalam rilisnya.

Kapal induk ini, menurut Kementerian Pertahanan, akan memungkinkan militer untuk lebih efektif menekan ancaman dan mengirimkan pasukan dan material ke wilayah sengketa dengan berperan sebagai kapal pengawas untuk unit angkatan laut.

Selain membangun kapal induk, Korea Selatan diperkirakan akan membeli sejumlah jet tempur F-35B karena jet tipe ini satu-satunya di dunia yang memiliki kemampuan lepas landas dan mendarat secara vertikal.

Kementerian Pertahanan Korea Selatan tidak merinci harga kapal induk tersebut. Namun pemerintah Amerika melaporkan harga kapal induk baru yang sekitar 30 persen lebih besar dari kapal induk Korea Selatan hampir US$ 4 miliar.

Sedangkan satu unit jet tempur F-35B seharga US$ 122 juta.

Sejauh ini ancaman terbesar Korea Selatan berasal dari Korea Utara. Kedua negara masih dalam status berperang setelah Perang Korea berakhir tahun 1953 tanpa perjanjian damai. 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Korea Selatan Bangun Kapal Induk Pertamanya Mulai 2021"

Post a Comment