Tanpa Harus Bentrok dengan SDF, Al Uqaidat Dapat Bentuk Pemerintahan Sendiri


Kemarahan Al Uqaidat atas pembunuhan misterius kepada tokoh-tokoh kabilahnya di Timur Suriah dapat dimaklumi oleh semua pihak.

Apalagi sampai sekarang belum ada upaya penyelidikan atas beberapa kasus belakangan ini.

Dalam rapat kabilah beberapa waktu yang lalu disebut bahwa Kabilah Al Uqaidat menunggu sampai satu bulan agar AS menyerahkan administrasi lokal Deir Ezzor ke Kabilah Al Uqaidat karena sudah tidak percaya dengan SDF.

Banyak pihak yang menyarankan bahwa sebenarnya Al Uqaidat bisa membentuk pemerintahanya sendiri tanpa harus diberika AS.

Alasannya pemerintahan NES/SDF di Suriah juga belum sah, masih sebatas de facto.

Apalagi wilayah struktur pemerintahan Deir Ezzor dari administrasi NES juga belum ada. Justru yang ada adalah lembaga-lembaga rejim non militee yang masih digaji oleh pemerintahan Bashar Al Assad.
Jika Kabilah Al Uqaidat mendirikan struktur pemerintahan sendiri maka maka otomatis ada pemerintahan paralel. Kabilah bisa menarik jurisdiksi dari pemerintahan interim (SIG) atau berdiri sendiri sebagai administrasi otonom.

Bentrok dengan SDF justru akan menimbulkan konflik baru dan tentu AS dan sekutunya akan mendukung SDF dan ini bisa menjadi malapetaka jika suku Al Uqaidat kalah, walau ada jaminan akan didukung oleh kabilah-kabilah yang lain.

Jadi tetap kebijakan non kooperatif dapat dilakukan dengan damai.





Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tanpa Harus Bentrok dengan SDF, Al Uqaidat Dapat Bentuk Pemerintahan Sendiri"

Post a Comment