Penambahan Pasukan Iran di Perbatasan Dinilai Sinyal Dukungan ke Penjajahan Armenia di Azerbaijan

Iran baru-baru ini menambah sekitar 200 tank di perbatasannya dengan Azerbaijan khususnya di beberapa provinsi yang mayoritas penduduknya warga Azeri yang sama dengan Azerbaijan.

Ada dua provinsi di Iran, Azerbaijan Barat dan Timur yang merupakan bagian dari Azerbaijan raya.

Dukungan Iran ke penjajahan Armenia di Azerbaijan menjadi unik karena Teheran akan saling bahu membahu di lapangan mendukung Armenia bersama Kanada, Perancis, AS dll yang justru berseberangan di Suriah.

Pemerintah Suriah sendiri juga lebih mendukung Armenia walau Presiden Bashar Al Assad berteman baik dengan Presiden Ilham Aliyev yang sama-sama Syiah.

Maka tidak sulit membayangkan orang-orang Suriah yang dikirim Assad membantu Armenia akan bekerja sama dengan pasukan Perancis dll walau di Suriah Perancis dkk lebih mendukung SDF Kurdi, sebagaimana Armenia mendukung pemberontak PKK membantai warga Turki.

Iran diduga mendukung Armenia karena beberapa fakta sejarah:

1. Azerbaijan memiliki komunitas Yahudi yang kuat yang merupakan keturunan Yahudi Khazar dan sangat loyal dengan Tel Aviv atau negara Israel sekarang.

Media Israel menyebut bahwa sentimen anti Yahudi di Armenia membuat Israel mendukung Azerbaijan walau itu bisa kuga difunngsikan untuk mengawasi Iran dari utara.

2. Walau pemerintahan Armenia saat ini sudah lebih erat menjalin hubungan dengan Israel tapi bagi Iran posisi Armenia sangat penting dalam hubungan ekonomi dalam embargo yang terus diterapkan AS yang lucunya juga pendukung Armenia.

3. Armenia juga merupakan konsumen Iran di bidang energi.

4. Di dalam sejarah, Fidayi atau pejuang Armenia banyak membantu Iran melawan kezaliman penguasa di masa lalu.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Penambahan Pasukan Iran di Perbatasan Dinilai Sinyal Dukungan ke Penjajahan Armenia di Azerbaijan"

Post a Comment